Google Rela Bayar Apple $3 Miliar untuk Tetap Menjadi Search Engine di iOS

Bagi kamu pengguna Safari di iOS, pasti sering memasukkan kata pencarian di address bar dan langsung menemukan hasilnya lewat search engine Google. Ya, Google memang sudah lama menjadi search engine bawaan atau default di peramban Safari for iOS dan ini tentunya tidak gratis. Kabarnya untuk tahun ini Google akan membayar Apple dengan nilai $3 miliar untuk tetap memegang “kursi” tersebut. Informasi ini didapatkan dari catatan sebuah firma finansial ternama via CNBC.

Sesuai dengan kutipan di atas, Google beberapa tahun lalu sudah menggunakan angka $1 miliar untuk membayar Apple agar layanannya tetap bertahan di Safari for iOS. Hal ini bocor dari sebuah laporan rahasia yang pernah tim MakeMac beritakan sebelumnya. Kini setelah berselang beberapa tahun, kontrak tersebut harus diperbarui dan nilainya tentu saja meningkat tajam.

Pembayaran ini tentunya menguntungkan kedua belah pihak dan bahkan kabarnya angka tersebut bisa menjadi 5% dari total laba usaha Apple untuk tahun ini. Masih dari laman sumber berita, disebutkan juga bahwa perangkat Apple masih menjadi sumber pendapatan bagi Google dari bagian hasil pencarian di perangkat mobile device. Angka yang diprediksi juga cukup besar yaitu sekitar 50%, tentunya hal ini tidak bisa dilewatkan oleh Google untuk tetap memegang predikat sebagai search engine bawaan di Safari.
Share on Google Plus

About Unknown

Pojok tekno adalah blog yang berisi tentang berita teknologi terupdate
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar